Resep Ikan Geprek Sambal Matah, Bikin Ngiler

Ikan Geprek Sambal Matah. Awalnya ngebayangin sambal matah,,terus di kulkas adanya ikan,,duh. Klo d geprek sambal matahx meresap ke daging ikan. Hihihi Sambal Matah Geprek Bensu Dilihat dari namanya jelas dong ya darimana.

Resep Ikan Geprek Sambal Matah, Bikin Ngiler Setelah mencicipi, nasi wangi ala Ayam Koplo tidak hanya harum, tetapi juga memiliki sedikit rasa pedas yang memperkuat gurihnya hidangan geprek. Ditambah dengan kremesan dan segarnya sambal matah, menu ini jadi kaya rasa. Sambal matah khas Bali dikenal sebagai pelengkap hidangan yang menggugah selera.

Lagi mencari ide resep ikan geprek sambal matah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan geprek sambal matah yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Awalnya ngebayangin sambal matah,,terus di kulkas adanya ikan,,duh. Klo d geprek sambal matahx meresap ke daging ikan. Hihihi Sambal Matah Geprek Bensu Dilihat dari namanya jelas dong ya darimana.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan geprek sambal matah, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan ikan geprek sambal matah yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan ikan geprek sambal matah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Ikan Geprek Sambal Matah memakai 11 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Ikan Geprek Sambal Matah:

  1. Siapkan 1 ekor ikan laut(lebih enak yg kulitx agak tebal).
  2. Sediakan 3 bh Cabai rawit.
  3. Siapkan 2 siung bawang putih.
  4. Siapkan 5 siung bawang merah.
  5. Gunakan 2 tangkai sereh (ambil hatinya lalu iris).
  6. Siapkan 1 bh tomat merah.
  7. Gunakan 3 lembar daun jeruk.
  8. Ambil 1 bh jeruk limau/jeruk nipis.
  9. Ambil secukupnya Gula dan garam.
  10. Sediakan Penyedap rasa(optional yaa,bisa pakai bisa nggak).
  11. Gunakan secukupnya Minyak goreng.

Biasanya dimakan bersama ayam suwir atau ayam geprek. Gak cuma itu, kamu pun bisa menambahkan sambal matah pada tuna krispi. Perpaduan sambal matah dengan tuna krispi bikin rasanya makin enak. Sambal matah terasa pedas segar karena diracik dari beragam rempah.

Cara menyiapkan Ikan Geprek Sambal Matah:

  1. Bersihkan ikan,belah 2 atau dipotong.beri perasan jeruk nipis dan sedikit garam.goreng smpai agak renyah.angkat..
  2. Iris cabe rawit,bawang merah,bawang putih,sereh,daun jeruk,tomat(iris kotak)..
  3. Tambahkan sedikit gula,garam,penyedap rasa(klo mau pakai).aduk dan remas dengan tangan(lapisi plastik biar gak panas)..
  4. Panaskan sedikit minyak goreng bekas goreng ikan tadi.lalu tuang ke atas campuran bumbu yg telah di aduk.koreksi rasa..
  5. Beri perasan jeruk limau.aduk rata.lalu tuang sambal matah yg sudah jadi ke atas ikan yg telah digoreng..
  6. Ambil ulekan cobek lalu geprek sambal di atas ikan.jadiii dehh…

Sambal khas Bali ini juga bikin olahan ayam hingga lidah lebih nikmat. Sambal matah saat ini tak lagi digunakan. Gunakan Sambal Matah ini jadi bumbu tambahan untuk ikan bakar Mungkin sekilas mirip dengan Sambal Dabu-dabu dari Manado, namun di antara keduanya tetap memiliki perbedaan. Sambal Dabu-dabu tidak menggunakan serai dan menggunakan tomat yang dipotong-potong, sedangkan Sambal Matah dari Bali ini menggunakan serai dan tidak menggunakan tomat. Ayam Geprek di Indonesia pun muncul dengan beragam varian rasa seperti Geprek ala Bensu, Geprek Mozarella, dan yang juga ga kalah disukai adalah Ayam Geprek Sambal Matah.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat ikan geprek sambal matah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *