Resep Lapis Legit Kukus Anti Gagal

Lapis Legit Kukus.

Resep Lapis Legit Kukus Anti Gagal

Lagi mencari ide resep lapis legit kukus yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal lapis legit kukus yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari lapis legit kukus, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan lapis legit kukus yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan lapis legit kukus sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Lapis Legit Kukus memakai 15 jenis bahan dan 14 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Lapis Legit Kukus:

  1. Sediakan Bahan A:.
  2. Sediakan 8 btr telur.
  3. Gunakan 200 gr gula pasir.
  4. Ambil 1 sdm SP.
  5. Ambil 1/2 sdt vanili.
  6. Sediakan Bahan B:.
  7. Gunakan 200 gr tepung terigu protein sedang (segitiga biru).
  8. Sediakan 40 gr susu bubuk.
  9. Siapkan 1/2 sdt baking powder.
  10. Ambil Bahan C:.
  11. Gunakan 200 gr margarin.
  12. Gunakan 2,5 sdm Susu Kental Manis (1 sachet).
  13. Sediakan Bahan Pelapis:.
  14. Ambil 1 sdm coklat bubuk (tdk terlalu munjung).
  15. Ambil 1 sdm bumbu spekoek (tdk terlalu munjung).

Langkah-langkah membuat Lapis Legit Kukus:

  1. Siapkan semua bahan. Siapkan juga loyang bulat diameter 20 cm tinggi 7 cm (bisa pake loyang kotak 20x20x7 cm), poles margarin, alasnya dilapis kertas roti dan dipoles margarin lagi..
  2. Bahan A: Dalam bowl masukkan gula pasir, telur, SP, dan vanili. Sisihkan..
  3. Bahan B: Campur jadi satu tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder. Aduk smp rata, kalo perlu diayak. Sisihkan..
  4. Bahan C: Campur jd satu bahan C yaitu margarin dan susu kental manis. Sisihkan..
  5. Campur bahan pelapis dlm mangkuk kecil, aduk rata. Sisihkan..
  6. Waktu mau mengocok telur, panaskan kukusan dulu, spy ketika adonan sdh siap untuk melapis, kukusannya jg sdh panas. Kocok Bahan A dgn mikser smp mengembang kental berjejak kurang lebih 12 menit..
  7. Masukkan Bahan B ke dlm kocokan Bahan A, gunakan mikser speed rendah smp tercampur rata. Sisihkan dulu..
  8. Gunakan mikser bekas mengocok adonan bahan A & B tadi untuk mengocok Bahan C (tdk dicuci dulu gak papa, tp kalo bekas mengocok margarin gak boleh ya untuk mengocok telur, nanti gak mau ngembang kocokan telurnya). Kocok Bahan C sampai lembut +/- 3 menit..
  9. Masukkan kocokan Bahan C ke dlm adonan Bahan A & B. Mikser dgn speed rendah smp rata. Adonan siap untuk melapis..
  10. Tuang adonan ke dlm loyang yg telah dioles margarin dan dilapis kertas roti. Setiap lapisan aku timbang sekitar 75 – 80 gr. Ratakan. Atasnya taburi campuran coklat bubuk dan bumbu spekuk dgn cara diayak, ayak tipis2 aja ke seluruh permukaan adonan..
  11. Masukkan ke dlm kukusan yg sdh panas. Kukus masing2 lapis sekitar 5 – 7 menit (aku 7 menit). Gunakan api sedang saja…jgn terlalu besar, nanti nggembung. Jangan lupa tutup kukusan dilapis serbet. Krn ini berlapis banyak, jadi sediakan serbet cadangan jk serbet yg pertama sdh terlalu basah sebaiknya serbet diganti, spy kue lapisnya tdk ketetesan uap air. Jika sdh bersusah payah melapis demi lapis kmd ketetesan uap air rasanya sayang banget…😥 Dan jgn lupa cek air kukusan krn prosesnya lama..
  12. Waktu mau melapis berikutnya, tekan2 permukaan kue dgn penekan lapis legit, tujuannya spy lapisannya tdk bergelombang (penekannya dioles margarin dulu spy gak lengket). Jika tdk punya penekan lapis legit gunakan punggung sendok/centong. Jika ada yg menggembung, tusuk dgn tusuk gigi spy udaranya keluar. Baru kmd tuang adonan untuk melapis berikutnya (aku timbang setiap lapis 75 – 80 gr biar tebal lapisannya sama)..
  13. Lapisan yg terakhir, campur sisa adonan dgn campuran coklat bubuk dan bumbu spekoek sisa bahan pelapis tadi secukupnya saja. Aduk rata. Kukus lapisan yg terakhir selama 20 menit..
  14. Setelah matang, kmd keluarkan dr loyang, dinginkan. Baru dipotong2. Punyaku permukaannya tdk mulus krn ketetesan uap air, maka aku sarankan pake serbet cadangan, kalo pake klakat lebih praktis lagi gak usah pake serbet…tp aku gak punya…🤭.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan lapis legit kukus yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *